Karsinoma Sel Skuamosa dan Gejalanya

January 16, 2013 · by prasetyaningsih

Mungkin belum banyak yang tahu ataupun sekedar mendengar tentang jenis kanker ini. Karsinoma sel skuamosa merupakan salah satu jenis kanker kulit. Meskipun demikian, kanker ini tidak hanya bisa menyerang bagian kulit saja tetapi bisa juga menyerang rongga mulut dan organ tubuh lainnya. Seperti juga halnya jenis kanker yang lain, kanker ini juga baru dapat dideteksi atau dirasakan oleh penderita setelah bertahun-tahun lamanya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengenali gejala awalnya supaya bisa segera diberikan tindakan pengobatan jika memang terjangkit jenis kanker ini.

Bagaimana mengenali gejala atau tanda – tandanya? Berikut adalah tanda – tanda yang sering muncul :

  1. Waspadai jika tiba-tiba terjadi benjolan atau gumpalan bersisik pada tubuh yang ukurannya bisa membesar (bengkak).
  2. Muncul bercak – bercak berwarna merah di sekitar dubur.
  3. Muncul bercak – bercak merah di sekitar kelamin.
  4. Muncul bercak – bercak putih di dalam mulut (bisa juga muncul di gusi).
  5. Muncul borok atau bisul pada kulit yang tidak kunjung sembuh.
  6. Tahi lalat yang membesar, berubah warna.

Jika salah satu atau beberapa gejala di atas anda temukan pada diri anda sendiri ataupun keluarga segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Karena semakin dini penanganannya maka akan mempermudah proses penyembuhannya.

Faktor penyebab karsinoma sel skuamosa

Mengingat bahwa karsinoma sel skuamosa ini baru muncul setelah bertahun-tahun, pertanyaannya adalah apakah sebenarnya faktor penyebab atau pencetus kanker ini. Karena karsinoma sel skuamosa termasuk ke dalam jenis kanker kulit, maka faktor penyebab utamanya adalah sinar UV matahari. Jika kulit kita tidak terlindungi lama kelamaan sinar UV ini akan menyebabkan lesi penyebab kanker.

Apakah hanya karena sinar UV saja? Tentu saja tidak. Ada banyak faktor lain yang memang jarang ditemukan untuk kasus karsinoma sel skuamosa ini, diantaranya adalah HPV (Human Papilloma Virus), benturan yang sangat keras terhadap salah satu bagian tubuh.

Pencegahan karsinoma sel skuamosa

Ada pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Tentunya anda setuju kan? Nah, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah timbulnya karsinoma sel skuamosa.

  • Selalu gunakan topi atau pakaian yang cukup melindungi anda dari terkena sinar matahari langsung, terutama pada saat anda bepergian siang hari.
  • Jika anda senang menggunakan tabir surya, pilihlah yang tahan air dan mengandung SPF 30 atau lebih tinggi.
  • Lakukan pemeriksaan rutin kesehatan anda supaya bisa diketahui secara dini jika terjadi suatu keanehan pada tubuh anda.
  • Hindari konsumsi makanan yang bersifat karsinogenik;
  • Jika tubuh anda menderita luka, periksa luka tersebut secara teratur. Waspadai jika terjadi perubahan warna, bentuk dan ukuran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Top Rated