Hati-hati Ulu Bekas

line twilight

Ada sesuatu yang ingin disampaikan oleh angin yang selalu gelisah pada nadi kehidupan.  Angin itu  selalu mengusik dedaunan di pohon-pohon besar, mengusikku, mungkin juga mengusikmu dan mengharap  ada yang mau mengerti dan mampu memahami sebuah pertanyaan : “Apakah makhluk Tuhan masih saling mengenal satu sama lain?”

 Hati-hati Ulu Bekas (Ring Road Jogjakarta)

Dan jalan panjang hanya diam saja membiarkan sang waktu lewat menuju akhir hayatnya.  Hanya langit di atas yang selalu menyimak angin yang resah itu. Tapi di ketinggian sana, ia tidak bisa berbuat apa-apa, meski seribu rasa kasihan melingkupi hatinya mendengar gemerisik si daun kuning yang resah di ranting pohon yang sangat tinggi dan pada sepotong hati di atas sepeda di jalanan panjang beraspal panas.

 

Angin berhenti bertiup, mencoba mengerti batasan atas hikmah diam yang yang telah di gariskan oleh alam. Dan selembar daun kuning bisa sejenak istirahat dari ketakutan pada godaan angin yang berbahaya dan dari isak tangis hatinya. Dari lubuk hati aku yakin, bahwa angin hanya memberi isyarat,  untuk sementara saja, sebelum ia menjadi badai.

 hati ulu bekas (Ring Road Yogyakarta)

Di luar semua itu, seluruh perjalanan kehidupan tetap mengalir apa adanya, meski kau diam seribu bahasa dan enggan bertanya atau menghayati tentang roda kehidupan yang timpang dan cacat di sisimu.

 Hati-hati ulu bekas (Ring Road Barat Yogyakarta)

Dan daun pun akhirnya gugur, luluh jatuh ke jantung tanah. Seorang lelaki tua tak sengaja melindasnya, sebelum kemudian ia menjauh, menjauh, dan semakin menjauh. Sepasang roda kehidupan mengucapkan selamat tinggal pada mataku. Lelaki tua yang hening perlahan menghilang, benderanya berkibar-kibar di kejauhan, tapi bisiknya padaku masih sampai walaupun samar kudengar bahwa aku tak akan pernah mengerti makna dari tulisan : “Hati-hati Ulu Bekas?”

 Hati-hati ulu bekas (Ring Road Barat Yogyakarta)

PiS 24 Juli 2011,
Suatu Ketika dalam kehidupanku dan
di Ring Road Barat.

English : Watchout Ulu Bekas

line twilight

KATA HATI :

Protected :

line twilight

1 Comment (+add yours?)

  1. adeadeaje
    Sep 07, 2011 @ 17:44:12

    Kalau uluh bakas bahasa dayak ngaju artinya orang tua

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Top Rated