Bulan di Atas Daun-daun Hijau

Daun Hijau dan Malam (1)

Hari ini rasanya malam terlalu cepat datang. Ia mengejar terang secepat  elang mengejar ayam. Senja ditelannya bulat-bulat dalam  hitungan waktu yang tak kami sadari. Gelap!!! Tapi kami masih di ladang sawit menyelesaikan kerja panen dari buah yang seolah ada dan selalu ada.  Tapi mengeluh bukanlah hal yang patut pada bagian letih yang ini. Karena letih yang ini adalah refleksi dari rejeki yang harusnya disyukuri. Harus di syukuri meski tulang serasa putus pada belikat, meski keringat bagai tiris hujan meninggalkan kulit, dan meski tanah-tanah landai  naik-turun menyerap tenaga seperti terik  menguapkan air. Hmmm… sudahlah…! Inilah bagian dari doa yang dikabulkan.

Dan lihat…! Masih ada beberapa ton tandan buah sawit yang harus kami antar ke  RAM. Brondolan sawit juga masih banyak berserangkan, kontras dalam warna oranye-nya di antara helai-helai rumput hijau. Tak lelap oleh hitam malam. Tetap spesifik menampakkan dirinya bahwa meski kecil ia ada bersama yang lainnya. Brondolan oranye itu harus kami kumpulkan meski  badan rasanya telah mencapai keletihan yang sempurna.

Dan “Hai… hai…  hai…, lihat!” bulan memberi semangat, mengirimkan cahaya di antara daun-daun sawit hijau yang tampak kelihatan hitam karena malam. Cahayanya cukup terang untuk menembus pelepah-pelepah. Sinar yang ternyata  cukup tajam untuk menggodam semangat kami. Mengirimkan sinyal spirit dan memantulkan suatu kekuatan agar tangan tetap berayun dan agar kaki tetap berlangkah. Ayo…!

Daun hijau dan malam (2)

Daun Hijau dan Malam (4)

Dari kumpulan catatan Harian : “Bulan di Atas Daun-daun Hijau”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Top Rated