Alternatif, K.H. Umarul Yahya al-Faruq

Pengotaban Alternatif pak Yahya Al Faruq

Pengotaban Alternatif pak Yahya Al Faruq

Manusia harus berusaha, namun Tuhan jua yang menentukan. Selain berobat ke dokter, kami pun berusaha mencari tempat pengobatan lain. Salah satunya alternatif. Pengobatan alternatif yang kami jalani ini berlokasi di Jogjakarta.

Pengobatan ini dipimpin oleh seorang bapak yang bernama K.H. Umarul Yahya al-Faruq.

Cukup lama kami mengikuti dan menjalani pengobatan ini. Selain murah, juga karna ada semangat di dalamnya. Kali pertama kami mengikutinya adalah sewaktu pengobatan ini masih dilakukan di daerah Condong Catur. Letaknya masih beberapa kilometer ke Utara dari daerah STIPER. Tak lama kemudian, penyelenggara pengobatan ini lalu memindahkan kegiatannya itu ke daerah Krapyak.

Pengobatan alternatif K.H. Umarul Yahya al-Faruq 1

Pengobatan alternatif K.H. Umarul Yahya al-Faruq 1

Di daerah Krapyak, pasien yang datang cukup banyak. Namun nasib pelayanan alternatif ini memang sedang kurang baik. Di daerah Krapyak kegiatan pengobatan ini tidak berlangsung lama, karena warga setempat ada yang protes. Bahkan di koran lokal termuat bahwa cara pengobatan ala pak Yahya ini dianggap menyalahi kaidah keagamaan. Pelaksanaan pengobatan ini pun akhirnya dipindahkan lagi. Kali ini letaknya ke arah Klaten. Awalnya di daerah ini pasien tidak terlalu banyak, tidak sebanyak ketika pengobatan dilakukan di wilayah pondok Krapyak, mungkin karena sulit mencari lokasinya yang jauh masuk ke pemukiman penduduk dan terletak di luar kota.

Namun lewat informasi televisi dan dari mulut ke mulut, kegiatan ini kian hari, kian ramai dikunjungi oleh orang-orang yang memiliki penyakit tertentu dan dianggap akan sembuh jika berobat ke pak Yahya ini secara rutin dan kontinyu. Akhirnya tempat pengobatan Pak Yahya ini kian hari kian ramai dikunjungi oleh orang baik yang berasal dari kota-kota kecil, masyarakat setempat, juga berasal kari kota besar dan luar kota.

Parkir di tempat pengobatan alternatifi ini sangat luas. Kendati demikian karena kendaraan baik motor maupun mobil sangat banyak, maka parkirnya di alihkan ke jalan raya.

Pengobatan oleh K.H. Umarul Yahya al-Faruq

Pengobatan oleh K.H. Umarul Yahya al-Faruq

Sekilas cara pengobatan pak Yahya ini dilakukan dengan memanjatkan doa-doa agar obat yang diberikan yang merupakan perantara diridhoi, lalu pasien diberi sejenis bobok yang diusapkan ke seluruh tubuh. Obat lainnya berupa pil kecil, tepung dan ramuan yang bisa di masak di rumah. Bagi yang kurang mampu ada yang diberikan secara gratis, yang dibagikan saat acara berlangsung. Namun selanjutnya untuk konsumsi di rumah, para pasien disarankan untuk membelinya.

Bobok (sejenis param yang diusapkan ke kulit)
Obat ini rasanya hangat bila diusapkan dikulit.  Menurut penglihatanku 0bat bobok itu merupakan maskot dan merupakan obat andalannya pak Yahya ini. Memang masih ada obat-obat lain yang dijual, tapi obat terbanyak dan terlaris kelihatannya memang obat bobok ini. Untuk membelinya harus berebutan. Menurut pengunjung semua obatan yang di jual di tempat pak Yahya ini adalah hasil ramuan atau racikan sendiri.

Berobat atau tidak berobat di tempat pak Yahya itu, setuju atau tidak setuju,  percaya atau tidak percaya, tidaklah teramat penting bagiku saat ini. Dulu selalu kami sempatkan datang tiap Minggu ke sana. Kami datang ke pengobatan itu adalah mencari kesembuhan yang kami impikan, meski akhirnya kesembuhan itu hanya mimpi dan tidak kami dapatkan, tapi saat-saat itu adalah kenangan penting yang tak terlupakan, karena ada percik semangat yang selalu tumbuh di tempat itu, sedikit banyaknya jiwa menjadi lebih lega dari pada hanya duduk menunggu nasib tanpa melakukan apa-apa. Demi Tuhan, aku ingin melakukannya 1000 kali lagi, asal ia ada di sampingku….

“PiS, Juni 2011″

About these ads

41 Comments (+add yours?)

  1. Moko
    Jul 20, 2011 @ 08:22:15

    Maaf maksut kalimat yg terakhir itu apa ya?? apa tepat kalau berobat di sana?

    Reply

    • PiS
      Jul 21, 2011 @ 12:06:02

      Istriku sudah meninggal, andai ia masih hidup, kemanapun dan beraparibu kalipun ia akan kubawa untuk berobat ke tempat yg dimauinya. Aku tidak perduli tepat atau tidak tepat, krn kondisinya. Kemanapun dia mau, kesitu dia kubawa….

      Reply

  2. moko
    Jul 21, 2011 @ 20:30:09

    maaf ya aku jd salah tanyanya…yang tabah yaa setiap makhluk Tuhan pasti juga akan kembali kepadanya, ini mungkin udah jadi jalan yang terbaik buat istri kamu…aq juga mengalami hal yang sama soal kanker.. orang yang begitu aku cintai juga baru saja meninggal 2 bln yang lalu..

    Reply

  3. Hamdan Kurniawan
    Mar 24, 2012 @ 09:44:25

    Semoga Allah memberikan kesembuhan untuk orang2 yang di CintaiNYA. untuk Bapakku tercinta, Selalu semangat ya bapak. Yakin kepada Gusti Allah pasti memberikan kesembuhan untuk bapak. kita sebagai HambaNYA yang Dhoif hanya bisa berusaha & berdoa, semoga bapak lekas diberikan kesembuhan & kesehatan. sehingga bisa beribadah kepadaNYA amien….

    Reply

  4. khalida
    Apr 06, 2012 @ 07:31:38

    maaf boleh berbagi alamt ustad yahya,saya mohon karena saya ingin membawa ibu saya berobat ke sana….

    Reply

    • PiS
      Apr 13, 2012 @ 06:10:24

      Langsung saja ke sana di daerah Tajem Maguwoharjo pada hari Minggu, tanya saja di sana. Maaf alamat lengkapnya saya nggak tahu, tapi tempatnya saya hafal, kalau tidak ketemu sms saya aja di 08122957254, akan saya antarkan, saya tidak akan minta ongkos atau apapun, murni cuma pengin nolong. Pendaftaran sekitar Rp 10.000, saya tidak tahu harganya sudah berubah apa belum, soalnya saya sudah beberapa bulan tidak ke sana…

      Reply

  5. Ahya
    Jun 10, 2012 @ 10:56:59

    maaf, mau nanya mas, pengobatan itu bukanya kira2 jam berapa trus tutupnya jam berapa ya?

    Reply

  6. PiS
    Jul 01, 2012 @ 15:05:58

    Pak Yahya melakukan praktek penyembuhan setiap hari Minggu di Ds Sambiroto, Purwomartani. Dekat makam Bathok Bolu. Supermarket Makro ke Utara.

    Reply

  7. tri widodo
    Jul 11, 2012 @ 13:42:13

    Apakah pasien harus datang di tempat praktek ? misal saya membelikan obat utk ibu saya yang sakit di rumah apa bisa ? ibu saya kena kanker pydr, terimakasih infonya.

    Reply

    • PiS
      Jul 12, 2012 @ 07:50:10

      Banyak juga yang datang tanpa membawa pasien, semua itu tergantung keinginan pasien dan keluarganya. Sebaiknya biar memahami dulu, lebih baik salah satu keluarga pasien datang melihat praktek pengobatan itu. Karena banyak juga yang tidak setuju dengan praktek pengobatan seperti itu.

      Reply

      • Anonymous
        Sep 09, 2012 @ 02:44:21

        kenapa ada yg tdk setuju. Apakah pengobatanya menyakiti si pasien atau bgaimn?bs jelaskan nggak?mksih….

        Reply

      • Ana
        Sep 09, 2012 @ 02:45:54

        kenapa ada yg tdk setuju. Apakah pengobatanya menyakiti si pasien atau bgaimn?bs jelaskan nggak?mksih….

        Reply

  8. tri widodo
    Jul 16, 2012 @ 16:07:07

    Terimakasih Infonya,sore itu juga saya datang ke sana di daerah Sambiroto dekat pemakaman yg ada pohon Randu alas besar, disana sdh berkumpul seribuan orang mungkin, .

    Reply

  9. yoyon
    Jul 27, 2012 @ 10:12:41

    maaf slm bulan ramadan pengobatan ttp bka biasa p bgmn,,,,

    Reply

  10. niko sukses nak
    Dec 02, 2012 @ 10:23:09

    alamat prakteknya di mana ya?

    Reply

  11. devi
    Jan 02, 2013 @ 13:10:53

    tolong berikan alamat yg jelas dan nmr yg bisa dihubungi.

    Reply

  12. dewi
    Jan 21, 2013 @ 10:54:39

    saya baru dapat info dari bekas pasien Bp. Yahya, alamatnya di ds Sambiroto RT 2 RW 1 Kalasan Yogya. Katanya itu pengobatan dg herbal dan doa bersama.

    Reply

  13. arif
    Feb 17, 2013 @ 17:57:40

    hari rabu buka gag ya,,,, tlng ksh tau ya,,,,

    Reply

  14. efha
    Mar 04, 2013 @ 17:10:57

    dari ringroad utara ke arah airport. Belok kiri sblm lotte. Lurus sd perempatan tajem. Belok kanan ikuti jalan sampe ketemu beringin besar belok kiri. Lokasinya pas sebelah makam batok bolu. Pendaftaran 20 ribu. Obat cair gosok 30 ribu. Pil 20 ribu 27 butir. Benalu teh 80 ribu (utk yg kanker, tumor, myom, kista). Niatin sodaqoh saja krn yg minta gratis banyak.

    Reply

  15. Yayu
    Apr 08, 2013 @ 15:47:29

    Maaf apakah pengobatan di tempat Pak Yahya bisa untuk tulang patah ?
    Trims.

    Reply

    • PiS
      May 24, 2013 @ 09:52:02

      Menurutnya semua penyakit bisa diobati, tapi menurut saya lebih baik diobati secara medis dahulu (dokter). Menurut saya, pak Yahya itu hanyalah alternatif.

      Reply

  16. Danil kuntoro
    Aug 10, 2013 @ 07:20:57

    maaf buat semua untuk hari labaran klinik tetap buka apa tutup?

    Reply

    • eny nuryahati
      Nov 14, 2013 @ 11:34:52

      berobat itu tergantung sama niat dan keyakinan……berobat dimanapun asal kita yakin…insyaalloh penyakit itu akan sembuh….dokter, Kyi, medis, alternatif semua itu hanya perantara………

      Reply

  17. lustriningsih
    Nov 25, 2013 @ 21:34:28

    Buka setiap hari mulai jam 1 siang, kecuali hari jum`at, tutup

    Reply

  18. Anonymous
    Dec 31, 2013 @ 10:55:22

    lokasinya tempat berobat ini dimana to ?

    Reply

  19. syarif wibowo
    Jan 05, 2014 @ 16:49:37

    saya pernah 2 x kesana , mengantar ibu mertua saya yang kena stroke… tetapi pada kunjungan ke 2 kami kesana , kami kecele… artinya tidak ada kegiatan pengobata di sana.. apakah saya bisa mendapatkan info no tlp yang bisa dihubungi… sebelum saya berkunjung ke sana melihat cukup jauhnya perjalanan kami dari kota salatiga yang kurang lebih menempuh jarak 120 km kelokasi pengobatan… terima kasih

    Reply

  20. tendi
    Jan 18, 2014 @ 22:31:28

    aku pernah kesana juga,ikut pengajian dan dzikiran setiap malam selasa kliwon.Dipilih tempat itu katanya auranya bagus,istana alam jin katanya.Banyak pejabat yang ikut kesana ngalap berkah….saudara sepupuku diobatkan kesana tapi tidak sembuh,sekarang sudah meninggal,Istriku punya hajat pengen jadi PNS tapi gagal…..Banyak yang tidak setuju dengan pengobatan tsb karena pak yahya cara ngobati pasien wanita/lawan jenis pake tangan langsung,tanpa sarung tangan atau alat semacam kayu ato apa kalo harus memukul pasien.kadang pijat leher,menekan tengkuk,menekan dada wanita otomatis (kena payudaranya)…..

    Reply

  21. Iqbal
    Feb 11, 2014 @ 17:36:28

    Mau tnya, utk pngobatan biar cpat bsa mmpunyai keturunan, bsa tdk ya pak,?

    Reply

  22. mugi
    Mar 03, 2014 @ 14:19:19

    Untuk alamat praktik sekarang di Dusun Sambiroto, Purwomartani, Kalasan, Sleman dengan ancer2:Ringroad utara arah ketimur mentok habis belok kekiri jurusan ke Ngemplak (keutara) kira-kira 1,5 km desa Tajem baru belok kanan 800 m (ada masjid ) belok kanan 250 m pas disitu ada makam disitu tempat praktik terapi pengobatan KH Yahya (tanya orang disekitar situ) untuk pasien baru pendaftaran 20 ribu (terima kartu kontrol), pasien lama kontrol 10 ribu . uang pendaftaran pasien dialokasikan untuk membangun pondok pesantren di daerah Gamping, Sleman. semoga info ini berguna bagi bpk/ibu/sdr yang membutuhkan .

    Reply

  23. Anonymous
    Jun 06, 2014 @ 14:12:59

    minta nomor tlp , sebelum romadhon buka gak .

    Reply

    • PiS
      Jul 20, 2014 @ 03:02:36

      Maaf saya nggak punya nomor telponnya. Seingat saya, dulu saya beberapa kali berobat di bulan romadhon ke sana dan buka, tapi kalau sekarang saya kurang tahu, sudah dua tahun saya nggak ke sana. Semoga ada yang mau memberikan info lewat website ini.

      Reply

  24. Anonymous
    Jun 13, 2014 @ 12:31:52

    Saya pernah kesana, memang ratusan orang yang datang dan diantara mereka banyak dari luar kota Yogya. Pendaftaran pasien baru dimulai jam 13.00 WIB. Pengobatan didahului dengan ceramah yang panjang dan lama baru kemudian dzikir bersama. Kemudian dibuka kesempatan untuk sedekah bagi yang ingin sedekah, tidakpun juga tidak apa apa, selanjutnya ada dijual ramuan. Setelah itu saya pulang dan tidak tahu lagi acara selanjutnya. Kalau boleh saran, sebaiknya penjelasan ceramah dipersingkat pada pokok pokoknya saja. Kasihan pasien yang rumahnya jauh, mereka perlu waktu untuk perjalanan pulang. Selain itu petugas – petugas yang melayani pendaftaran dan melayani penjualan ramuan hendaknya bisa bersikap lebih simpatik dan profesional dalam menjawab pertanyaan pertanyaan dari tamu yang datang. Perlu dilatih memang. Juga perlu ditata alur berobat, dan tempatnya supaya lebih rapi.

    Reply

    • PiS
      Jul 20, 2014 @ 03:00:19

      Saya pun sependapat, mudah-muadahan ada anggota pak Umarul Yahya yang membaca saran anda dan menjadi masukan buat mereka. Makasih atas kunjungannya ke website ini.

      Reply

  25. ayast
    Jul 11, 2014 @ 22:05:31

    maaf .. permisi…. barusan bapak ibu dan saya liat siaran pengobatan altrnatf tsb .. awalnya saya sanksi .. tp mlihat ekspresi kedua orang tua saya, mereka sangat yakin .. mengingat bapak sya sudah belasan tahun darah tinggi dan tidak sembuh .. saya ragu .. tp ga brani ngmg sama orang tua saya … saya takut kalo misal terjadi apa2 .. maaf bukan menyepelekan atau apa ..

    Reply

    • PiS
      Jul 20, 2014 @ 02:58:02

      Saya ngerti, saya juga sudah lama mengobati istri saya ke pak Yahya, saya pun ragu. Tapi karena dia saya lihat lebih tenang kalau sudah ke sana, ya sudah saya antar, ke tempat lain juga begitu, saya ragu, saya lebih percaya dokter, tapi dokter sendiripun penanganannya begitu2 saja, maka karena tak ada jalan lain tetaplah saya antar istri saya ke sana, juga ke alternatif yang lain.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Top Rated

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,834 other followers

%d bloggers like this: